google translate

Rabu, 23 Oktober 2013

SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang


 
      SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang memang tidak perlu di ragukan lagi, apalagi dengan prestasi yang telah dicapai sekolah ini di tingkat nasional maupun internasional. SMA Xaverius 1 Palembang terletak di JL. BANGAU No.60/1258 9 ILIR. Dapat diakses informasi tentang SMA Xaverius1 Palembang di http://www.smaxaverius1.com.

           Perjalanan telah ditempuh SMA Xaverius 1 untuk mewujudkan sekolah terbaik. Sekolah ini berawal dari pemikiran Frater Monfort, BHK (L. F. J. Nienhuis) pada tanggal 15 Juli 1951. SMA Xaverius 1 Palembang di dirikan dengan satu tujuan Pro Ecclesia et xav1 lama Patria (Demi Gereja dan Tanah Air). Pada awal berdirinya, SMA Xaverius 1 berlokasi di Jln. Talang Jawa 4 (sekarang Jln. Kol. Atmo). Sejak tahun 1953, SMA Xaverius 1 Palembang pindah ke Jln. Bangau 60 hingga sekarang ini. Awal mula pengajaran di SMA Xaverius 1 Palembang terpisah: SMA Xaverius 1 bagian Putra dan SMA Xaverius 1 bagian Putri. Perjalanan panjang telah ditempuh SMA Xaverius 1 untuk mewujudkan sekolah terbaik. Berawal dari satu tujuan Pro Ecclesia et xav1 lama Patria (Demi Gereja dan Tanah Air), Rohaniwan Katolik Frater Monfort, BHK (L. F. J. Nienhuis) mendirikan sekolah menengah atas dengan nama SMA Xaverius di Jln. Talang Jawa 4 (sekarang Jln. Kol. Atmo) pada tanggal 15 Juli 1951. Hampir sama dengan sekolah Katolik lain, awal lokasi pengajaran dibuat terpisah antara siswa bagian putera dan puteri. Pada tahun 1953, SMA Xaverius pindah lokasi ke Jln. Bangau 60 sampai sekarang. Sebagai perekat tali persaudaraan antar siswa dan alumni, 29 November 1956 mendirikan Ikatan Pelajar SMA Xaverius kemudian diubah nama menjadi Perhimpunan Pelajar Sekolah Katolik (PPSK) SMA Xaverius 1 Palembang. Dan sebagai media komunikasi pada Januari 1957, menerbitkan majalah Gita Pelajar kemudian berganti nama menjadi majalah GITA. Tahun 1970 dilakukan penggabungan lokasi pengajaran bagian Putra dan Putri menjadi dalam satu sekolah yaitu SMA Xaverius 1 Palembang. Pada tahun yang sama, di 9 November, Piagam Pengakuan SMA Swasta No. 35/205 Direktorat Pendidikan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat diterima sebagai penerimaan atas nama SMA Xaverius 1 Palembang. Ketika Proyek Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) diterapkan, Sekolah ini termasuk dalam sekolah proyek tersebut dan mulai diberlakukan pada tahun 2006.           Sekolah SMA Xaverius 1 Palembang memiliki visi, misi, strategi, dan tujuan:
VISI
SMA Xaverius 1 Palembang setia terhadap ciri khas Katolik dalam pencerdasan kehidupan bangsa, mengutamakan kebersamaan dan unggul dalam pelayanan pendidikan siswa berpribadi utuh

MISI
1. Membangun suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang dilandasi cinta kasih dan nilai-nilai Kristiani.
2. Mengembangkan pendidikan karakter model Xaverius : beribadah, berbudaya 4 S, disiplin, jujur dan bertanggung jawab, penuh empati dan respek, bersatu dan terbuka, dan siap sedia melayani.
3. Mengembangkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Menanamkan semangat dan wawasan kebangsaan yang cinta pada bangsa, negara dan budaya nasional.
5. Membangun kerjasama sinergis demi terwujudnya cita-cita bersama.
6. Memberdayakan partisipasi alumni dan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan.
7.Membangun kerjasama linear dan horizontal dengan pihak-pihak atau instansi terkait bidang pendidikan
8.Mengembangkan keunggulan dan tata kelola dalam pengelolaan dan pelaksanaan sekolah.
9. Mengelola dan melaksanakan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, integratif, unggul, partisipatif dan menyenangkan.
10. Melaksanakan pelayanan pendidikan bagi siswa menjadi pribadi yang utuh, mandiri, kompeten dan kompetitif.

Strategi                                                                                                                                       
1. Mengoptimalkan suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang dilandasi cinta kasih dan nilai-nilai Kristiani.
2. Meningkatkan pengembangan pendidikan karakter model Xaverius : beribadah, berbudaya 4 S, disiplin, jujur dan bertanggung jawab, penuh empati dan respek, bersatu dan terbuka, dan siap sedia melayani.
3. Meningkatkan sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
4.Meningkatkan semangat dan wawasan kebangsaan yang cinta pada bangsa, negara dan budaya nasional
5. Meningkatkan kerjasama sinergis demi terwujudnya cita-cita bersama.
6. Meningkatkan partisipasi alumni dan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan
7. Meningkatkan kerjasama linear dan horizontal dengan pihak-pihak atau instansi terkait bidang pendidikan.
8. Meningkatkan keunggulan dan tata kelola dalam pengelolaan dan pelaksanaan sekolah.
9. Meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, integratif, unggul, partisipatif dan menyenangkan.
10. Meningkatkan pelaksanaan pelayanan pendidikan bagi siswa menjadi pribadi yang utuh, mandiri, kompeten dan kompetitif.
Tujuan
1. Tercipta suasana kekeluargaan dan persaudaraan yang dilandasi cinta kasih dan nilai-nilai Kristiani.
2. Memiliki karakter Model Xaverius : beribadah, berbudaya 4 S, disiplin, jujur dan bertanggung jawab, penuh empati dan respek, bersatu dan terbuka, dan siap sedia melayani.
3. Memiliki sikap kritis dan bertanggung jawab dalam menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Memiliki semangat dan wawasan kebangsaan yang cinta pada bangsa, negara dan budaya nasional
5. Tercipta kerjasama sinergis demi terwujudnya cita-cita bersama.
6. Terasakan partisipasi alumni dan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan
7. Tercipta kerjasama linear dan horizontal dengan pihak-pihak atau instansi terkait bidang pendidikan.
8. Memiliki  keunggulan dan tata kelola yang baik dalam pengelolaan dan pelaksanaan sekolah.
9. Memiliki model pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, integratif, unggul, partisipatif dan menyenangkan.
10. Memiliki pelayanan pendidikan bagi siswa untuk menjadi pribadi yang utuh, mandiri, kompeten dan kompetitif.
           SMA Xaverius 1 dipandang baik karena segudang prestasi membanggakan yang ditorehkan siswa-siswi nya seperti:



  • Muhammad Badzli. F - Siswa SMA Xaverius 1 Terbaik yang berhasil memperoleh Medali Perunggu OSN Fisika tahun 2011 di Manado dan Juara II Kompetisi Fisika tahun 2011 di UNSRI
  • Michael - Siswa SMA Xaverius 1 Terbaik yang berhasil mendapatkan Medali Perunggu OSN Ekonomi tahun 2011 di Manado, Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011 di UGM, Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI, dan Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011
  • Voren - Siswa SMA Xaverius 1 Terbaik yang berhasil memperoleh Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011di UGM, Juara II Kompetisi Ekonomi tingkat Propinsi tahun 2011 di UNSRI, dan Juara I Kompetisi Ekonomi TSM tahun 2011
  • Theodora Inez. J - Siswa SMA Xaverius 1 Terbaik yang berhasil mendapatkan Juara Umum Kompetisi Ekonomi tingkat Nasional tahun 2011di UGM.
  • David Brendi - Siswa SMA Xaverius 1 Terbaik yang berhasil memperoleh Medali Perak Olimpiade Ilmu Sosial (OIS) tahun 2011 di UI Jakarta
  • dan total 30 prestasi nasional yang tercatat dalam sejarah prestasi siswa SMA Xaverius 1 Palembang, bisa langsung cek di http://www.smaxaverius1.com/index.php?mod=about&id=5

  •  
       SMA Xaverius 1 dengan Visi, Misi, Strategi dan Tujuan SMA Xaverius 1 akan menjadikan pelajar Menjadi Unggul dan terus Berprestasi SMA Xaverius 1 Palembang memiliki fasilitas yang cukup lengkap dibanding dengan sekolah lainnya. Semua fasilitas yang telah dipersiapkan ini betujuan untuk membantu siswa/i SMA Xaverius 1 Palembang baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun ekstrakulikuler. Melalui fasilitas yang disediakan, siswa/i SMA Xaverius 1 Palembang dapat benar-benar "terjun" untuk mencoba segala teori yang telah dipelajari dan diharapkan dengan semua fasilitas ini siswa/i dapat selangkah lebih maju mengenai pemahamannya akan sebuah materi. Fasilitas yang dimiliki oleh SMA Xaverius 1 Palembang meliputi :
    1. Ruang Kelas

    2. Laboratorium ( Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa, IPS, Komputer dan Seni )
    3. Perpustakaan
    4. Lapangan Olahraga ( Sepakbola, Bola Volly, Basket & Lintasan Lari )
    5. Jaringan Internet dan Hot Spot
    6. Parkir Kendaraan Bermotor
    7. Atrium Yohanes Paulus II
    8. Kantin dan Fotocopy
    9. Ruang Pertemuan
    10. Ruang Bimbingan & Konseling
    11. Ruang Ekstrakulikuler
    12. Ruang OSIS / PPSK
    3. Ruang Komite Sekolah
    14. Klinik Kesehatan
    5. Pelayanan Bank
    16. Koperasisounce
     Fasilitas SMA Xaverius 1 Palembanghttp://smaxaverius1.com/index.php?mod=about&id=4) 
         Jadi jika kalian khususnya yang masih SMP kalau ingin melanjutkan sekolah ke SMA yang berkualitas dengan tenaga pengajar yang profesional pilihlah SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang agar menjadi siswa yang Unggul dan terus Berprestasi.
          Cukup sekian artikel yang saya postingkan tentang SMA Xaverius 1 Sekolah Terbaik di Palembang semoga dengan kalian membaca artikel ini dari awal sampai akhir kalian bisa termotivasi dan menjadikan SMA Xaverius 1 sekolah terbaik di Palembang sehingga kalian Menjadi Unggul dan terus Berprestasi. Apabila kalian ingin melihat informasinya lebih mendetail bisa mengunjungi websitenya di www.smaxaverius1.com, semoga bermanfaat. Cukup sekian terima kasih. 


       



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar